Skip to main content

Kartini Kebahagiaan

Aray sayang,

Apakah menurutmu suatu kebetulan hari lahirmu berdekatan dengan hari Kartini? Yah, meski Bunda lebih memilih memaknainya berdekatan dengan peringatan hari Bumi, 22 April, yang datang besok lusa.

Kamu mungkin belum terlalu ingat ini, karena Bunda baru beberapa kali menceritakan ini. Jadi biarkan Bunda meracau sekali lagi. Ya, tentang arti namamu. Araysa Sendang Narakaia. Araysa itu singkatan dari Anak RAni dan hYSA. Sendang artinya sumber. Sementara Narakaia itu Ayah dan Bunda temu via Google, dari bahasa Yunani. Nara artinya kebahagiaan, dan Kaia artinya (planet) bumi. Jadi namamu adalah doa kami agar kamu menjadi sumber kebahagiaan bagi dan atau di atas muka bumi.

Apa hubungannya dengan hari Kartini? Hm, menurut Bunda sih karena menjadi atau meneladani Kartini artinya menemukan jati diri pribadi dan menemukan kebahagiaan bagi diri sebagai perempuan. Layaknya Kartini yang tak bahagia melihat perempuan di sekitarnya tertindas dan dibodohi. Dan menemukan kebahagiaan saat mengajar, membaca dan menulis. Maka Bunda berharap Aray bisa menemukan arti bahagia yang hakiki bagi dirimu, dan arti mulia menjadi kebahagiaan bagi orang lain.

Salam sayang,

Bunda

(Ditulis juga dalam rangka tugas dari sekolah Aray utk para Ibu, sebuah alternatif "peringatan" Hari Kartini yang patut diapresiasi)

Comments

Popular posts from this blog

Karir Impian: Jaman SD

Tak sedikit tokoh pendidikan dan pemerhati minat bakat yang menyebut tahun-tahun pertama kehidupan kita acapkali memberi petunjuk penting tentang bakat atau karir yang cocok untuk kita.Saya tidak sedang memiliki keleluasaan waktu untuk mencari landasan ilmiah pernyataan di atas, jadi dalam sepotong tulisan ini saya akan berbagi kisah dan perenungan sederhana. Tentang bagaimana saya saat usia SD memandang minat, bakat, dan satu kata menyebalkan yang sering ditanyakan orang dewasa pada anak-anak: cita-cita.Sejujurnya, saya tidak terlalu ingat masa kecil saya. Bisa dibilang ingatan saya buruk. Ingatan nama orang, ingatan surat-surat pendek, nama ibukota negara, atau ingatan tanggal peristiwa sejarah, mudah sekali menguap. Untungnya perekaman bahasa, logika dan makna saya tidak terlalu jelek. Jadi, silakan ragukan waktu tepatnya kejadian dalam tulisan ini.Minat
Apa yang saya sukai saat SD? Yang saya enjoy lakukan? Hm, dari cerita keluarga, saya sangat menikmati membaca dan belajar. Wow. B…

PMS

Sudah dari awal minggu my body is not delicious. Mual lah, sakit tenggorokan lah, sakit pinggang lah. Awalnya tentu saja kusalahkan kambing hitam ternama akhir-akhir ini: cuaca. Masuk angin ni gara-gara cuaca.. Begitu tuduhanku.Di ujung petang tadi, kurasakan rasa fisik yang semakin sungguh tak nyaman. Padahal sudah makan kenyang soto kantin dan teh hangat. Tidak habis kehujanan juga. Kenapa pula ini?Sepanjang perjalanan pulang rasanya makin campur aduk. Migren dari mata hingga kepala sebelah kanan, hidung mampet, mual seperti maag, dan nyeri pinggang. Setelah berapa saat aku tersadar. H-7. Ah, pastilah ini PMS. Pinggang-punggung-pinggul-panggul-pegal pala-pusing Mual-menderita Sekujur-tubuh.Apa yang kulakukan sesampainya di rumah? Mengumpulkan tenaga tersisa untuk ganti baju, minum y*k*lt, memijat bahu dan kepala dengan minyak GPU, lalu berbaring. Ohya, juga meminta ijin pada Aray aku tak bisa menemaninya sementara ini.Aku hanya berbaring, tak bisa benar-benar terlelap. Sakit kepala …

Karir Impian: Masa SMA

Duh, masa SMA... saat hidup jadi lebih rumit dari sebelumnya..Ohya, sebagai informasi, selama SMA aku menjalani kelas satuku di Bandung lalu kelas dua dan tigaku di Jogja. Dan waktu kenaikan dari kelas dua ke kelas tiga, aku tidak sekolah dua bulan karena exchange AFS ke Jepang. Penting? Ya, penting buatku, agar tidak amnesia. Ahaha.Waktu kelas satu di Bandung, aku sempat ikut klub debat yang kakak-kakak pengasuhnya anak-anak Fikom UNPAD. Bermula sejak itu aku udah mulai ada rasa-rasa tuh ya sama Jurusan Komunikasi. Tapi cupu as I was, belum kebayang bakal berkarier sebagai apa.Selama SMA, sejujurnya ini masa paling malas belajar bagiku, apalagi dibandingkan masa SD dan SMP. Mungkin karena mulai kenal romansa? Halah.. Yang kuingat sih aku sedang sangat menikmati masa berorganisasi, masa eksplorasi minat dan kesukaan, mencoba banyak hal baru. Ikut OSIS, lomba-lomba debat, bahkan ikut seleksi dan lolos berangkat exchange. Di saat yang sama aku tak berminat sekolah karena mulai "dip…